Ciri-Ciri Driver Yang Baik Dan Profesional

Mencari jasa supir pribadi ataupun supir profesional dengan kemampuan mengemudi dengan baik tidak luput dari faktor sopan santun dan tata karma pada penumpang. Mengenali ciri-ciri driver yang baik dan profesional gampang-gampang susah, hal itu dapat diketahui jika sudah menyewa supir untuk kepentingan pribadi maupun perusahaan. Untuk itu perlu mengetahui dalam memilih driver perusahaan ataupun pribadi. Dalam menguji kemampuannya terlebih dahulu secara langsung.

Ciri-ciri Driver yang Baik dan Profesional

Untuk mengenali ciri-ciri supir yang memiliki kemampuan sangat baik dan profesional adalah :

  • Memiliki Portofolio Pengalaman Yang Cukup

Curiculum vitae atau CV adalah salah satu syarat penting dari proses pelamaran pekerjaan. Namun, banyak perusahaan yang juga menambahkan syarat portofolio dalam proses pelamaran kerja.

CV adalah menjelaskan terkait data pribadi yang mendasar, seperti tanggal dan tempat lahir, latar belakang pendidikan, pengalaman organisasi, hingga kemampuan dasar yang Anda miliki. Portofolio adalah kesempatan bagi Anda untuk mempresentasikan pekerjaan Anda, tetapi penting untuk mempertimbangkan portofolio

Mencari Supir Profesional kita harus membaca CV atau Portofolio supir tersebut. Dokumen itu dapat kita lihat dengan cara meminta terlebih dahulu oleh supir atau vendor jasa sewa supir. Dari CV tersebut kita dapat mengetahui detail riwayat dan juga pengalaman supir  yang akan kita sewa. Rata-rata supir profesional memiliki pengalaman minimal 1-2 tahun.

  • Memiliki Pengetahuan Dan Perilaku Berkendara Yang Nyaman, Aman, Dan Positif.

Menjadi seorang pengendara baik kendaraan bermotor maupun mobil di jalan raya harus mempunyai peraturan dan juga sikap disiplin. Benar semua pengendara ingin perjalanan yang cepat, nyaman, dan juga mudah. Namun perlu disadari bahwa jalanan bukan milik pribadi banyak orang yang menggunakan jalanan sebagai jalur tujuan mereka.

Berikut adalah tips untuk berkendara dengan aman di jalan raya :

  1. Periksa kendaraan sebelum berangkat berpergian seperti, perlengkapan yang harus anda bawa, check mesin kendaraan, dan periksa tekanan angin ban sesuai anjuran.
  2. Atur posisi mengemudi yang baik dengan memposisikan Anda duduk dengan nyaman dan tidak membuat Anda menjadi pegal dan kram.
  3. Gunakan sabuk pengaman untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari benturan jika terjadi kecelakaan.
  4. Ikuti arus lalu lintas untuk mematuhi hukum dan juga menghindari kejadian yang tidak diinginkan.
  5. Atur kecepatan berkendara Anda, meski berkendara dengan kecepatan yang tinggi memang boleh, akan tetapi kita harus memperhatikan pengendara lain.
  6. Sering periksa kaca spion berfungsi untuk melihat kendaraan lain di belakang dan berfungsi ketika Anda hendak berbelok atau menyebrang.
  7. Gunakan jalur kanan untuk menyalip yang mana sudah ada dalam undang-undang transportasi. Hal ini untuk menghindari kecelakaan dan kemacetan.
  8. Jangan menggunakan ponsel saat berkendara, karena bisa mengganggu konsentrasi dalam berkendara yang mengakibatkan kecelakaan.
  9. Istirahat jika Anda mengantuk dan lanjutkan perjalanan setelah merasa lebih baik.
  10. Jagalah pengelihatan Anda pada malam hari dengan baik supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diingikan.

Hal ini dapat membantu mengetahui bahwa supir tersebut profesional atau tidak adalah dengan cara berbicara dan sopan santun. Supir profesional memiliki pengetahuan yang baik dan dapat mengemudikan kendaraan dengan aman dan nyaman untuk penumpangnya.

  •  Memiliki Kesadaran Dan Tanggung Jawab Terhadap Profesinya

Supir yang profesional cenderung memilik sifat tanggung jawab yang besar. Mereka akan sadar akan keselamatan dan nama baik profesinya. Tidak banyak supir yang memiliki rasa tanggung jawab atas kendaraan dan penumpangnya.

  • Memiliki Kemampuan (Skill) Mengemudi Yang Baik

Walaupun kadang kita membutuhkan seorang supir untuk mengemudi dengan cepat untuk mengejar waktu. Supir Profesional harus memiliki sikap cekatan dalam mengantisipasi segala macam hal buruk yang bisa terjadi. Dengan begitu penumpang akan merasa nyaman dan aman walaupun berkendara dalam kecepatan tinggi.

  • Mematuhi Segala Rambu – Rambu Dan Lalu Lintas Yang Berlaku

Demi Keamanan dan juga kenyamanan berkendara, setiap negara jelas menetapkan berbagai peraturan dasar yang berbeda. Begitupun Indonesia juga memiliki peraturan lalu lintas sendiri.

Berikut adalah peraturan lalu lintas yang berada di Indonesia :

  1. Mempunyai SIM sesuai kendaraan yang dikemudikan.
  2. Memiliki kelengkapan Surat berkendara.
  3. Mematuhi rambu lalu lintas yang ada.
  4. Jangan melanggar batas kecepatan maksimum.
  5. Menggunakan kelengkapan keselamatan berkendara.
  6. Kelengkapan dalam teknis kendaraan.
  7. Tidak boleh mengemudi di atas trotoar.
  8. Jangan menggunakan hp saat berkendara.
  9. Menyalakan lampu untuk tanda isyarat.
  10. Wajib memasang plat kendaraan.

Itu dia beberapa ciri-ciri driver yang baik dan profesional. Apakah sopir/driver Anda sudah memiliki ciri-ciri seperti yang telah dijelaskan diatas?

Atau Anda masih ingin merekrut driver baru untuk memberikan layanan kepada tamu atau klien? Jika seperti itu, beberapa ciri-ciri driver yang baik dan profesional di atas bisa membantu Anda untuk menyeleksi calon driver.

Sudah Semestinya mengadakan pelatihan mengemudi untuk menciptakan seorang pengemudi yang handal dan berkualitas tinggi atau biasa disebut Pelatihan Sopir Perusahaan. Dengan begitu, tidak akan ada macam-macam persoalan seperti di atas. Namun juga perlu kerjasama antara pihak yang terkait demi mencapai sebuah lingkungan yang tertib dan lancar.

 

Beri Nilai Layanan Kami

2 komentar untuk “Ciri-Ciri Driver Yang Baik Dan Profesional”

  1. Pingback: 7 Hal Yang Perlu Disiapkan Sebelum Mengemudi - DUTASUKSES

  2. Pingback: Training Driver Manner - PT. DUTA SUKSES TRAINING

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *